Pria Dengan Empat Orang Istri

November 6, 2009 at 7:47 am (Cerita inspiratif, Pria Dengan Empat Orang Istri)

fourwivesSeorang pria yang telah sukses hidupnya, memiliki empat orang istri. Ketika ajalnya menjelang tiba,dia memanggil istri keempatnya ke sisi ranjangnya, istrinya yang paling baru dan paling muda.

“Jelitaku!”kata si pria, terpikat oleh sosoknya yang legendaris,”dalam satu-dua hari lagi aku akan meninggal dunia. Setelah kematianku, aku akan kesepian tanpa dirimu. Maukah engkau ikut bersamaku?”

“Tidak mau!”jawab si gadis termasyhur tersebut.”Aku akan tetap di sini. Aku akan berdoa pada saat pemakamanmu, tetapi tidak lebih dari itu.” Dan dia bergegas keluar dari kamar suaminya.

Penolakan istrinya itu laksana tikaman di hati pria. Dia telah mencurahkan begitu banyak kepada istri termudanya itu. Dia begitu bangga terhadapnya sehingga dia selalu memilihnya sebagai pendamping dalam setiap acara penting. Istri keempatnya telah member martabatbagi di pria pada usia tuanya. Mengejutkan sekali menemukan kenyataan bahwa si istri ternyata tak mencintainya sebesar cinta yang dia berikan kepadanya.

Tetap saja, dia masih punya tiga isri lagi, jadi dia memanggil istri ketiganya yang dinikahinya saat dia separuh baya. Dia telah berjuang begitu kerasuntuk menggaet istri ketigsnya. Dia sangat mencintai istri ketiga yang telah memberinya kebahagiaan. Dia adalah seorang perempuan menarik yang didambakan oleh semua pria; dia pun adalah seorang perempuan yang sangat setia. Dia telah memberinya rasa aman.

“Manisku!”kata si pria,”tak lagi akau akan meninggal dunia. Setelah kematian, aku akan kesepian tana dirimu. Maukahengkau ikut bersamaku?”

“Sama sekali tidak!”tuas siperempuan muda yang menggairahkan itu, dengan gaya bisnisya. “Mana bisa seperti itu? Aku akan mengadakan upacara pemakaman yang mewah untukmu, tetapi setelah upacara selesai aku akan pergi bersama putramu.”

Rencana ketidaksetiaan istri ketiga membuat si pria terguncang sampai ke sumsum tulang. Dai mengusir istri ketiga lalu memanggil istri keduanya.

Dia telah hidup lama bersam istri keduanya. Dia tidak begitu menarik, tetapi dia selalu ada di sisi suaminya, untuk membantunya memecahkan masalah dan memberikan nasihat yang tak ternilai. Dia adalah sahabatnya yang paling terpercaya..

“Kasihku!” kata si pria sambil menatap ke sorot mata istrinya,”sebentar lagi aku akan meninggal dunia. Setelah kematian, akau akan kesepian tanpa dirimu. Maukah kau ikut bersamaku?”

“Maafkan aku,” kata si istri kedua dengan penuh penyesalan,”aku tak dapat pergi bersamamu.Aku akan menemanimu sampai di sisi lubang kubur, tetapi tidak lebih dari itu.”

Hati si orang tua remuk redam oleh penolakan yang bertubi-tubi. Dia memanggil istri pertamanya, yang agaknya selalu dia kenal selamanya. Dia telah mengabaikannya selama bertahun tahun. Terutama setelah dia bertemu dengan istri ketiganya yang memikat dan istri keempatnya yang termasyhur itu. Tetapi istri peertamanya inilah yang benar-benar penting baginya,yng bekerja dengan diam di balik layar. Dia merasa tidak enak hati saat melihatnya berpkaian lusuh dan begitu kurus.

“Sayangku!”katanya dengan nada memohon,”sebentar lagi aku akan meninggal dunia. Setelah kematian, aku akan kesepian tanpa dirimu. Maukah kau ikut bersamaku?”

“Tentu saja aku akan pergi bersamamu,” jawab si istri pertamanya dengan mantap. “Aku akan selalu bersamamu dari satu kehidupan ke kehidupan lainnya.”

Istri adalah karma. Istri kedua adalah keluarga. Istri ketiga adalah kekayaan. Istri keempat adalah kemasyhuran.

Bacalah lagi cerita tersebut, sekarang Anda tau tentang empat istri. Istri manakah yang paling berharga untuk di pelihara? Mana yang akan pergi bersama Anda saat Anda meninggal?

Sumber : Buku Si Cacing Dan Kotoran Kesayangannya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: